Senin, 01 Juni 2009

Cara Alami Redakan Sakit Gigi
By Republika Newsroom
Senin, 01 Juni 2009 pukul 11:35:00

Sering kali sakit gigi dianggap sepele. Meskipun bukan penyakit berat tapi dapat menimbulkan akibat yang dapat mengganggu aktivitas. Apalagi sakit gigi yang cukup parah. Rasa sakitnya bisa menjalar ke kepala, susah tidur, tidak nafsu makan dan cepat marah.

Kesehatan gigi yang kurang diperhatikan menjadi penyebab utama seseorang terserang sakit gigi. Padahal gigi merupakan alat penting bagi manusia untuk membantu proses pencernaan. Kalau gigi sudah sakit, jangankan makan, bicara saja rasanya malas sekali.

Saat sakit menyerang biasanya orang langsung mengambil obat penghilang rasa nyeri. Padahal banyak bahan alami untuk meredakan sakit gigi sebelum Anda pergi ke dokter. Terapi alamiah untuk mengatasi sakit gigi yang diakibat gigi berlubang antara lain dengan cengkeh, bawang putih atau kemiri.

Untuk ramuannya Anda bisa mencoba cara-cara berikut ini:
• Gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskandengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampaihalus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.
• Bawang putih secukupnya ditumbuh hingga halus kemudian ditempelkan pada gigi yang berlubang.
• Cabai hijau dipotong ujungnya sedikit lalu dibakar. Setelahpanas, tempelkan cabai tersebut pada gigi yang sakit.
Agar tidak tambah parah sebaiknya Anda segera ke dokter gigi untuk mengobati lebih lanjut. Biasanya perrlakuan pada gigi yang berlubang bisa ditambal atau dicabut. Bila lubang gigi masih kecil biasanya dokter akan menambal. Namun bila lubang terlalu besar dan tidak mungkin ditambal, dokter biasanya akan mencabut gigi yang rusak. Proses penambalan ataupun pencabutan gigi tidak dapat dilakukan saat gigi terasa sakit.(cr1/rin)

Tidak ada komentar: